Logo BBPMSOH
KEMENTERIAN PERTANIAN DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Balai Besar Pengujian Mutu dan Sertifikasi Obat Hewan
Logo BBPMSOH

Berita

Peningkatan SDM Pengelola Sistem Informasi dan Website

Bekasi, 1 Oktober 2022 - Dalam rangka untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM ) Pengelola Sistem Informasi dan Website Lingkup Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan maka dilaksanakan Pertemuan Peningkatan SDM Pengelola Sistem Informasi dan Pengelola website lingkup Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 29 September hingga 1 Oktober 2022 di Avenzel Hotel Cibubur.

Acara dibuka oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dit Jen PKH), drh. Makmun, M.Sc. Dalam pembukaan acara, Makmun memberikan arahan agar para pengelola Website dapat lebih meningkatkan kompetensinya terutama dalam membuat konten informasi agar terlihat kekinian dan masyarakat menjadi betah dan nayaman dalam mengunjungi website Lingkup Dit Jen PKH.

"Kita sangat perlu menginformasikan apa yang telah kita capai agar masyarakat tahu apa yang telah pemerintah kerjakan khususnya lingkup Dit Jen PKH Kementerian Pertanian. Website harus dibangun sedemikan menarik agar masayarakat betah dan semakin banyak yang mengunjungi dan kita berfungsi menginformasikan arah kebijakan yang telah diputuskan untuk diketahui masyaraka" ujar Makmun.


Sesi pemaparan materi diberikan oleh para narasumber diantaranya dari BSSN, Pusdatin dan sharing pengalaman dari BET Cipelang serta dari Konsultan Web. Pada pemaparan dari BSSN disampaikan materi tentang Keamanan Siber dan Sandi dari perspektif Kebijakan.

Serangan Siber saat ini tengah menjadi perhatian dunia terkhusus bangsa Indonesia karena mengancam data pribadi, kekayaan intelektual, data rahasia, dan berbagai data lainnya. Maka dari itu diperlukan tindakan prefentif agar kebocoran data akibat serangan siber dapat diantisipasi.

Sedangkan dari Pusdatin, pemaparan materi diberikan terkait kemanan data dan proses pemulihan sistem informasi seterlah terjadinya serangan siber terhadap server pusdatin. Selain itu para pengelola sistem informasi lingkup Kementan juga dihimbau agar memperbaharui versi OS, Bahasa pemograman dan Database dari sistem informasi atau aplikasinya.

Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya serangan siber yang disebabkan malware. Sedangkan dari Pemateri BET Cipelang memberikan pengalaman terhadap kegiatan Audit SPBE yang selama ini telah diterapkan di BET Cipelang. Selain pemaparan materi, acara pertemuan ini juga pada malam harinya diisi dengan memberikan praktek kepada para peserta bagaiaman membangun sebuah website pada OS Ubuntu.


Berlanjut pada hari kedua pemaparan diberikan pemaparan terkait Pengelolaan website yang aman, menarik dan mutakhir. Didalam pemaparan nya narasumber memeberikan tips dan trik bagaimana agar website dapat dibuat dengan menarik dan juga aman serta yang terpenting juga membuat pengunjung menjadi betah serta diberikan trik agar website kita dapat dikunjungi oleh banyak pengunjung dan dapat tampil di halaman pencarian google.

Banyak sekali manfaat yang didapat dari pertemuan ini, terutama terkait bangaimana kita dapat membangun sistem informasi atau web yang aman, menarik dan juga mutakhir.


Selain itu juga dibahas terkait beberapa hal terkait spesifikasi sistem infromasi yang harus dipenuhi sesuai persyaratan yang diberlakukan oleh Tim dari Pusdatin. Hal ini bertujuan agar Kementerian Pertanian dapat lebih baik lagi dalam pengelolaan sistem informasi dan website lingkup Kementerian Pertanian. (why)